Selasa, 16 September 2008

Korban Amal? Atau Amal = Berkorban?

Sempat kaget juga pas tahu ada kejadian orang beramal tapi sampai menelan korban nyawa yang tidak sedikit. Kalau tidak salah ada 21 orang ya. Wuih serem juga ya. Kasihan mereka yang menjadi korban. Hanya karena sedikit sumbangan berupa uang untuk menyambung hidup tapi malah meregang nyawa. Bagaimana menurut anda?
Coba kita pahami maksud dari beramal. Beramal adalah memberikan sesuatu yang kita punya karena berlebih kepada orang-orang yang tidak mampu atau kekurangan. Hakikat dari beramal adalah menjadikan orang lain senang atau bahagia. Bukan begitu?
Kemampuan orang untuk beramal memang berbeda-beda. Ada yang hanya bisa memberikan sedikit, namun ada juga yang bisa memberikan lebih banyak. Semuanya, tanpa didasari ketulusan sudah tentu menjadikan amal itu percuma. Kenapa? Kan, kalau tidak berarti bukan amal, ya bisa dibilang sogokan atau suap (seperti musim kampanye, yang sering orang bilang money politics). Atau mungkin juga berusaha mencari ketenaran nama. Terserah motif anda yang mana. Lebih bagus tanpa motif, yang berarti benar-benar tulus.
Lalu, kapan waktunya kita beramal? Kapan saja. Apakah beramal harus pada momen tertentu? Mungkin bisa, seperti anda mau beramal saat berulang tahun yang secara langsung maupun tidak bermaksud untuk berbagi kebahagiaan dengan orang lain. Namun, kapanpun anda bisa melakukan ini. Karena amal bukan berarti sesuatu yang kita berikan itu berbentuk tapi juga sesuatu yang hanya bisa dirasakan. Ingat, hakikat beramal adalah membuat orang lain bahagia, bagaimanapun caranya.
Jadi, sudahkah anda beramal hari ini?

Senin, 08 September 2008

9 Cara Meningkatkan Penjualan Anda (lanjutan)

Setelah sebelumnya telah saya jelaskan 5 cara dari 9 cara meningkatkan penjualan, maka berikut ini saya sambung untuk cara ke-6 hingga ke-9. Antara lain :
6. Anda bisa membuat promosi silang antara produk anda dengan produk bisnis lainnya dalam satu paket. Anda bisa menyertakan iklan atau brosur barang satu dengan barang yang lainnya. Ini menjadikan suatu promo hemat.

7. Saat anda mengirimkan produk pesanan, tambahkan satu kupon diskon untuk produk yang berkaitan. Hal ini akan menjadikan daya tarik tersendiri bagi konsumen untuk membeli produk anda lagi. (kalau tidak salah ada satu usahan yang punya moto "bayar hari ini, besok gratis")

8. Kirimi konsumen anda katalog produk-produk tambahan dari produk yang telah mereka beli. Produk-produk tersebut bisa merupakan produk tambahan (aksesoris), produk upgrade, produk spesial, atau lainnya. Jika mereka menyukai produk anda, maka mereka akan membeli produk yang lainnya.

9. Kirimi konsumen anda produk gratis dengan produk yang telah dibeli. Produk gratis ini harus anda berikan label sebagai iklan promosi. Bisa menggunakan striker, topi, kaos, atau hal lain yang membuat orang lain juga bisa melihat iklan promosi anda dan membelinya.
Oke setelah anda mengetahui keseluruhan cara untuk meningkatkan penjualan, bagaimana menurut anda ? Apakah setelah anda praktekan ada pengaruhnya terhadap penjualan anda? mungkin sebagian dari cara di atas sudah umum ada, tapi mudah-mudahan cara yang lain bisa memberikan anda inspirasi baru mengenai cara menjual yang lebih baik. Ada Masukan?
Salam, semoga sukses menyertai anda.

Minggu, 07 September 2008

9 Cara Meningkatkan Penjualan Anda

Beberapa buku tentang bisnis dan marketing mungkin sudah banyak yang menulis tantang hal ini. Namun, mungkin juga anda termasuk orang yang susah untuk memahami satu buku penuh mengenai bisnis dan marketing. Oleh karena itu, bukan bermaksud menjadi copy-cat (peniru), saya sampaikan beberapa pokok yang kiranya bisa mewakili. Jadi gak salah kalau beberapa referensi kita gabungkan agar menjadi lebih simpel untuk dipahami.
Berikut ini adalah 9 cara meningkatkan penjualan anda :

1. Saat anda berhasil menjual untuk pertama kali, anda wajib mem-follow-up konsumen anda. Anda bisa mem-follow-up dengan e-mail atau telepon terima kasih dan anda bisa menyelipkan promosi mengenai produk anda yang lain. Anda bisa melakukannya beberapa bulan sekali (2 bulan mungkin cukup tepat).

2. Anda bisa jual melebihi dari yang diorder. Saat mereka memesan, beritahukan ada produk tambahan yang bisa dimiliki terkait dengan produk yang dipesan. Mereka bisa langsung menjadi paket dari produk utama yang anda jual. Malah kadang mereka menjadi semakin tertarik setelah melihat produk bonus juga merupakan produk yang mereka butuhkan.

3. Beritahukan konsumen anda, jika mereka merekomendasikan 4 orang (atau lebih) yang akhirnya membeli produk yang sama, maka konsumen tersebut akan mendapatkan cash back
/ full rebate (uang kembali secara penuh). Cara seperti ini akan menjadikan satu penjualan menjadi tiga penjualan.

4. Saat menjual produk, beri pilihan pada konsumen anda untuk mengikuti program "refferal/affiliate" (afiliasi) sehingga mereka bisa mendapatkan komisi dari menjual produk anda. Ini akan melipat-gandakan penjualan anda.

5. Jual juga "reseller rights" (hak jual kembali) untuk produk anda. Katakan bahwa produk anda bisa menjadi produk tambahan atau bonus bagi produk serupa yang dijual. Anda bisa mendapat penjualan tambahan dari "reseller rights" ini.
Untuk langkah selanjutnya, mohon sabar. :-) Akan masuk di-posting-an berikutnya.
 

blogger templates | Make Money Online