Rabu, 14 Mei 2008

Rencana Kenaikan BBM

Pemerintah berencana menaikan harga bahan bakar minyak (BBM). Pro dan kontra masalah ini sudah pasti tidak dapat dihindari kenapa? Rakyat kecil akan semakin menderita dengan kenaikan BBM ini, karena naiknya harga BBM berarti kenaikan harga-harga kebutuhan hidup. Bahkan sebelum BBM naik pun (baru rencana), barang-barang sudah mulai merangkak naik.
Alasan pemerintah, kenaikan harga BBM harus terjadi karena APBN tidak sanggup menanggung beban subsidi BBM yang semakin membengkak, karena minyak dunia juga semakin mahal. Kekhawatirannya, APBN sebagai sumber daya untuk pembiayaan pembangunan akan semakin minus (berarti harus utang). Ini berarti sedikit demi sedikit kita menggadaikan negara kita. Padahal kita berusaha untuk mengurangi beban utang yang dulu-dulu.
Cara terbaik gimana? BLT (bantuan langsung tunai). Tapi ini apa jaminan kalau BLT ini akan sampai ke masyarakat yang membutuhkan? Karena kalau dipikir-pikir koq hampir seperti usaha gali lubang tutup lubang aja. (coba deh pikir... ayo mikir... hehehe). Apa gak ada cara yang lebih bijak untuk mengatasi ini semua? Kita yakin koq banyak pemikir dan ekonom yang bagus di Indonesia ini. Mintalah pendapat mereka. Temukan cara yang lebih baik selain BLT (coz BLT lebih banyak digunakan untuk konsumsi dan abis, bukan untuk usaha agar BLT itu menjadi memiliki manfaat lebih panjang). Trusss gimanaa donk? Kesalahan yang dulu adalah bahwa rakyat terlalu dimanja dengan berbagai macam subsidi. Begitu sudsidi dicabut, semua belum siap.

Tidak ada komentar:

 

blogger templates | Make Money Online